Tv LG 14 inchi mati total - Artikel instan dan tutorial elektonik
Paid-by-Lazure.my.id

Tv LG 14 inchi mati total

Konten [Tampil]
Di suatu hari saya menyervis sebuah televisi LG 14 inchi jadul, yang mana awal kerusakannya adalah mati total layar ga nyala tapi masih samar samar terdengar suara dari speaker jeduk, jeduk dan stelah casing terbuka langsung eksekusi cek en ricek tegangan ternyata tegangan B+ over sampai 200vol, setelah sekian lama dan kepala rada pusing cari cari part komponen yang rusak Tak kunjung ketemu, dari dioda zener dan optocoupler, hingga IC TL 431 sudah di ganti hasilnya ttp 200v tegangan akhirnya saya cabut b+ yang menuju flyback dan tr horizontal jg saya cabut ternyata hasil masih sama, dengan tidak sengaja tangan menyentuh Elco B+ ternyata kaki elconya putus satu dan elco berjamur, akhirnya langsung ganti Elco trs dan cek lagi tegangan normal kembali 110vol

kasus pertama tegangan 200vol teratasi, lgsung pasang lagi jalur B+ yang nenuju flyback terus cek tr horizontal ternyata mati, saya ganti tr horizontal dengan tipe

D 2499 awalnya tipe tr horizontal nya D2586, setelah pemasangan tr horizontal dan pin b+ flyback hidupkan kembali ternyata belum berhasil, penelusuran dan pencarian komponen berlanjut, dan sy dapati Elco bagian suplay tr driver horizontal jg patah satu kaki elconya, setelah penggantian tes lagi, ternyata blm berhasil juga flyback blm mau menyemburkan api listrik ya ke tabung

Akhirnya saya ganti flyback nya dan ternyata ber basil, karena saa tdk menemukan tulisan di body flyback Krn terhapus ahirnya saya beli flyback dengan tipe yang lain

Pin flyback asli di tv



1: cool

2: 180vol

3: B+110vol

4: Ground

5: NC

6 :24vol

7: NC

8: ABL

9: Heater

10: AFC


Dan saya ganti dengan tipe 154-177B

Pin flyback yang saya ganti



1: COL

2: 180V

3: B+110vol

4:. Ground

5: 26 Vol

6:. 24 vol

7:. 40 vol

8: ABL

9:. Heater

10:AFC

Setelah penggantian komponen1 tr horizontal flyback dengan tipe lain tp pin masih sama dan elco B+ dan elco coupel driver horizontal akhirnya Tv nyala,

Sekian catatan dari saya jika ada yang menemui kasus yang sama semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar